Weekend Produktif Mengikuti Kegiatan Digital Creator Gathering di BSD City





Weekend Produktif Mengikuti Kegiatan Digital Creator Gathering di BSD City
Digital Creator Gathering 

Konten GaptekMenjadi seorang konten kreator sebenarnya bukanlah impian ku, tapi tuhan memberikan ku jalannya di bidang ini. Apa boleh buat, perlahan aku mulai menyenangi hobi membuat konten. Selain sudah menjadi hobi, tak sedikit pula yang telah kuhasilkan selama menjadi seorang konten kreator.

Dari konten kreator aku jadi tau bagaimana cara untuk menghasilkan uang dari sosial media, dan bagaimana cara membuat konten yang berkualitas di berbagai platform baik itu instagram, youtube, tiktok, maupun website. Dari berbagai platform tersebut aku banyak belajar mempublikasikan aneka jenis konten baik itu dalam bentuk foto, video, bahkan tulisan.

Pasti kalian udah pada tau dong tujuan menjadi seorang konten kreator digital? Selain bisa dijadikan ladang penghasilan, kita bisa membangun audiens yang besar dan loyal dari berbagai penjuru dunia. Kita juga bisa membangun reputasi dan keahlian yang lebih spesifik di bidang kita dengan menuangkannya dalam bentuk konten. Hal ini akan menambah personal branding kita nantinya.

Untuk menjadi seorang konten kreator yang besar, bukanlah suatu hal yang mudah, namun juga tidak mustahil kelak nantinya kalau aku maupun kalian bisa menjadi seorang konten kreator besar. Agar bisa menjadi sukses dalam profesi ini tentunya dibutuhkan kerja keras, konsistensi, kreativitas, serta pengetahuan tentang pasar dan target audience kita.

Sebagai seorang konten kreator, kita harus memiliki kreativitas, kemampuan menulis, mengoptimasi konten, membuat konten visual yang menarik, dan masih banyak lagi aspek penting lainnya. Hal tersebut tentunya supaya konten yang kita buat bisa menarik perhatian dan memperluas jangkuan konten.

Digital Creator Gathering di BSD City Bersama Sinarmas Land


Weekend Produktif Mengikuti Kegiatan Digital Creator Gathering di BSD City
Digital Creator Gathering

Beruntungnya aku mendapatkan tips menjadi seorang konten kreator dari hasil pertemuan kegiatan “Digital Creator Gathering di BSD City”. Belum lama ini aku baru saja mendapatkan banyak sekali ilmu terkait dunia konten kreator, dari acara tersebut. Acara ini diselenggarakan oleh Sinarmas Land dan digelar bertempat di Green Office Park – BSD City.

Acara turut menghadiri beberapa teman konten kreator yang memiliki minat di bidang yang sama, sehingga kita bisa saling sharing nih. Selain itu juga tak ketinggalan ada narasumber kece yang ikut hadir dan menyampaikan pemaparannya tentang tips-tips menjadi konten kreator di sosial media maupun blog/website.


Weekend Produktif Mengikuti Kegiatan Digital Creator Gathering di BSD City
Mas Harris

Sebelum materi dimulai, acara diawali dengan sambutan oleh mas Harris selaku Community Relations & Social Media Head President Office – Sinarmas Land. Beliau menyampaikan sepatah dua patah kata sambutan sekaligus membuka acara.

Barulah kemudian narasumber pertama menyampaikan materinya. Pertama ada Mas Sessario Bayu selaku Green Initiative Sinarmas Land. Dari sesi mas bayu ini, aku banyak sekali mendapatkan pengetahuan akan pentingnya peduli lingkungan. Nah, mas bayu bilang kalau BSD City sangat aware akan hal tersebut.

Weekend Produktif Mengikuti Kegiatan Digital Creator Gathering di BSD City
Mas Sessario Bayu

BSD City sebagai Kota Hijau di Indonesia terus berkomitmen dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, terlebih BSD City menjadi kota satelit mandiri yang sangat berkembang pesat, makanya BSD City memahami betul pentingnya menjaga keseimbangan antara pembangunan infrastruktur dan pelestarian lingkungan.

Sebagai salah satu wujud kepedulian lingkungan BSD City, melalui Green Initiative serta green habbit di kalangan masyarakatnya. Berbagai program dan proyek BSD City seperti penghijauan kawasan public, efisiensi energi, pengurangan limbah terutama sampah plastik, penggunaan transportasi umum, dan penggunaan teknologi ramah lingkungan.

Tak heran kalau kamu berkunjung ke kawasan BSD City, maka kamu akan disuguhkan dengan area terbuka hijau yang menjamur. BSD City melakukan penanaman pohon di area perumahan dan komersial dan pembangunan taman hijau yang bisa diakses oleh khalayak umum, salah satunya ya kawasan BSD Green Office Park BSD Ini.

Kemudian juga BSD City mengajak warganya agar lebih aktif dalam berkontribusi dalam program pengelolaan sampah melalui sistem daur ulang dan mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai. Berbagai aspek yang mendukung BSD City dijuluki sebagai kota hijau pertama di Indonesia diantaranya Green Building.

BSD City dirancang dengan banyak sekali tempat ruangan terbuka hijau salah satunya ada The Breeze BSD City, tempat ini menjadi kawasan lifestyle yang sangat sempurna, disini merupakan tempatnya untuk menikmati fasilitas gaya hidup yang memadai dan nyaman.

Selanjutnya BSD City juga mempunyai aspek Energy Efficiency & Water Conservation, yang mana BSD menjadi kota dengan sistem pengelolaan air yang efisien, termasuk dalam hal pemanfaatan air hujan dan teknologi daur ulang. Hal ini tentu sangat membantu dalam mencegah terjadinya pemborosan air, dan menjaga keberlanjutan sumber daya air dari alam.

Lalu BSD City juga sebagai Green Mobility, yang artinya mempunyai infrastruktur dan fasilitas lengkap, mulai dari adanya transportasi public berupa shuttle bus, jalur sepeda dan pejalan kaki, serta akses ke berbagai transportasi umum. Diharapkan agar hal ini bisa mengurangi pencemaran polusi udara akibat banyaknya kendaraan pribadi, dan masyarakat mulai gemar untuk naik transportasi public.

Selanjutnya BSD menjadi Renewable Energy, dimana bangunan yang ada di BSD City dilengkapi dengan teknologi energi terbarukan seperti panel surya yang dapat mengurangi emisi karbon dan mendukung keberlanjutan energi.

Ada juga program Green Habbit, melalui program ini BSD City mengedukasi masyarakat terkait praktik ramah lingkungan seperti pengelolaan sampah dan konservasi energi. Dan juga ada Waste Management yang bertujuan untuk mengatur pengelolaan sampah di BSD City dengan cara pemilahan sampah, daur ulang, pengelolaan sampah organic, non organic, dan lainnya.

Lalu BSD City juga memiliki program Green Meterial, dimana penggunaan material yang ramah lingkungan seperti bahan daur ulang, material energi efisien, berbasis bio, tahan cuaca, karbon rendah, dan material yang mengurangi polusi.

Dilanjut dengan pemaparan materi ke-2 dari Mba Jesslyn Marvella selaku Website Channel Specialist Sinarmas Land. Di sesi ini berguna banget buat kita semua yang memang basic nya adalah dalam dunia tulis menulis di website atau blog. Bagaimana cara mengoptimasi konten agar bisa menduduku posisi nomor satu di mesin pencari google.


Weekend Produktif Mengikuti Kegiatan Digital Creator Gathering di BSD City
Mba Jesslyn

Nah mba Jesslyn menjelaskan tentang SEO (Search Engine Optimization) yang artinya adalah proses sistematis untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari. Bagaimana agar konten artikel yang kita buat bisa mendapatkan visitor dan pembaca yang banyak. Dimulai dari dengan mendaftarkan situs kita ke webmaster tools.

SEO ini pun terbagi menjadi onpage dan offpage, untuk onpage bagaimana kita mengoptimasi konten dari saat pembuatan artikel seperti menempatkan keyword, heading, permalink, judul, dll. Sedangkan untuk offpagenya kita harus mengoptimasi konten setelah artikel tersebut selesai dengan cara mencari backlink, link building, optimasi kecepatan website, dll.

Weekend Produktif Mengikuti Kegiatan Digital Creator Gathering di BSD City
Mas Winarso Nugroho

Kemudian sesi terakhir yang tidak kalah serunya, ada narasumber Mas Winarso Nugroho selaku Creative Head Sinarmas Land. Beliau menyampaikan materi untuk membuat konten video yang menarik di media sosial terutama instagram dan tiktok. Pada sesi ini diperdalam lagi oleh Mba Vibrie sebagai Parenting Influencer.

Keduanya menjelaskan bagaimana membuat video yang stand out dan akun instagram kita bisa makin berkembang. Pertama adalah dengan merencanakan konten dan story telling yang baik. Misal sebelum proses pembuaan video, usahakan terlebih dahulu menyusun alur cerita yang menarik, agar nantinya kita bisa menjepret gambar maupun video yang sudah terbayang di pikiran. Hal ini akan mengurangi terlalu banyaknya footage video yang kurang penting. Karna konten kita sudah tersusun.


Weekend Produktif Mengikuti Kegiatan Digital Creator Gathering di BSD City
Mba Vhibrie

Nah ketika konsep alur ceritanya sudah terbayang dan jadi, barulah sesi prakteknya bagaimana membuat konten video yang bagus. Teknik pengambilan video yang menarik mulai dari komposisi gambar, pencahayaan, pengunaan stabilizer, dan sampai ke tahap editing video.

Dalam proses editing bisa dengan menambahkan musik yang relevan, animasi yang bisa menyokong video menjadi lebih unik dan variatif, dan efek-efek lainnya yang diperlukan. Aplikasi yang mungkin cocok untuk edit video bisa menggunakan capcut, inshoot, dll.

Setelah video siap, barulah tinggal mengupload konten video tersebut ke sosial media. Jika video yang dihasilkan memang durasinya tidak begitu panjang maka bisa diposting di instagram maupun tiktok, namun jika video tersebut durasinya lumayan panjang, maka youtube adalah pilihan yang tepat.

Nah yang tak kalah pentingnya yakni pembuatan caption yang menarik dan hastag, hal ini guna menjangkau video kita lebih banyak ditonton. Karna semakin relevan hastag yang kita pakai dengan video maka akan lebih besar video kita bisa bertengger di timeline. Terakhir untuk selalu berinteraksi kepada follower bisa melalui komentar, chat, ataupun story, supaya engagement dan eksposure bisa meningkat.

Begitulah pemaparan dari ke-3 narasumber yang sangat luar biasa, dari acara ini aku belajar banyak tentang pembuatan konten. Sungguh merasa kalau diri ini masih jauh dari konten kreator yang berkelas. Masih perlu banyak belajar, belajar, dan terus belajar agar bisa menjadi konten kreator yang memiliki konten berkualitas.

Weekend Produktif Mengikuti Kegiatan Digital Creator Gathering di BSD City
Digital Creator Gathering BSD City

Terima kasih banyak untuk Sinarmas Land yang telah menghelat acara keren ini, semoga kedepannya bisa terus menggelar acara seperti ini dan lebih seru lagi dengan mengundang para narasumber kece lainnya.

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Newest Older
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment